Olahraga, Sepakbola

Timnas U-19 Berhasil Kalahkan Timor Leste Dengan Skor 3-1

Timnas Indonesia U-19 melewati laga perdana Grup K Kualifikasi Piala AFC U-19 2020 dengan cukup baik. Tim Garuda berhasil menang 3-1 atas Timor Leste di Stadion Madya, Jakarta.

Timnas Indonesia U-19 hanya membutuhkan waktu sekitar dua menit untuk membuka keunggulan melalui Muhammad Fajar Fathur Rachman yang berhasil menjebol gawang dari Timor Leste melalui sundulannya setelah memaksimalkan tendangan pojok yang dilepaskan oleh Bechkam Putra.

Tim Garuda Muda hampir saja berhasil menggandakan keunggulan mereka pada menit 30. Rizki Ridho Ramadhani yang mengeksekui tendangan bebas dengan sebauh sepakan mendatar ini berhasil mengarah ke sudut gawang tim lawan akan tetapi kiper Timor Leste yaitu Junildo Manuel Pereira berhasil membacanya. Bola muntahan hasil halangan Junildo Manuel Pereira berhasil disambut oleh Sutan Zico akan tetapi tembakan tersebut masih dapat dihalau oleh Junildo.

Hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 untuk Timnas Indonesia U-19 tidak berubah. Permainan yang lebih intens akhirnya diperlihatkan kedua tim ketika memulai babak kedua.

Timnas U-19 Berhasil Kalahkan Timor Leste Dengan Skor 3-1

Namun, Timor Leste akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-50 melalui penalti setelah kiper Timnas U-19, Ernando Ari melanggar Mouzinho De Lima di kota penalti. Mouzinho yang maju sendiri untuk mengeksekusi penalti tersebut berhasil menuaikan tugasnya untuk menyamakan skor 1-1.

Delapan menit berselang setelah gol penyama kedudukan, Timor Leste harus bermain dengan 10 pemain setelah Nelson Pinto diusir karena menerima kartu merah langsung karena melakukan tendangan kungfu ke arah wajah Bagus Kahfi ketika tengah menghalau bola panjang yang akan disambut oleh Bagus.

Unggul jumlah pemain membuat Timnas U-19 lebih mudah untuk melakukan tekanan. Hasilnya adala pada menit ke-62, Timnas Indonesia U-19 berhasil menambah keunggulan melalui gol yang dilesatkan oleh David Maulana. Tembakan kerasnya dari luar kotak penalti meluncur keras dan berbelok arah setelah membentur salah satu pemain Timor Leste yang ingin menghalangi jalannya bola.

Timnas U-19 kembali memperoleh dua peluang bagus pada menit ke-74. Tendangan keras dari Beckham Putra Nugraha membentur mistar gawang dan bola muntahan berhasil disambut oleh sundulan dari Bagus Kahfi yang dimana kembali membentur tiang gawang.

Pada akhirnya, Timnas Garuda Muda berhasil kembali menyarankan gol untuk mengubah skor menjadi 3-1 melalui Muhammad Fajar Fathur Rachman pada menit ke-77. Gol tersebut berawal dari penetrasi dari Supriadi dari sisi kiri pertahanan Timor Leste, pemain muda yang memperkuat Persebaya Surabaya tersebut melepaskan umpan silang yang berhasil di sontek oleh Fajar dengan keras.

Pada menit-menit akhir pertandingan, Timnas U-19 terus memberikan tekanan kepada Timor Leste. Supriadi dkk, terus melakukan serangan yang cukup mengancam gawang dari Timor Leste. Akan tetapi, hingga pertandingan usai, tidak ada gol tambahan yang berhasil di cetak oleh Tim Garuda Muda.