Berita, Politik

PPP Tidak Masalah Jika Prabowo Bergabung Ke Koalisi Pemerintah

Wasekjen Partai Persatuan Pembangunan Achmad Baidowi mengungkapkan bahwa partainya tidak mempermasalahkan jika Ketum Gerindra, Prabowo Subianto yang akan disebut-sebut akan menjadi salah satu menteri dari kabinet Presiden Jokowi. Dirinya mengatakan bahwa penunjukan menteri adalah hak prerogratif dari Jokowi.

“Sama sekali tidak mempermasalahkan karena itu merupakan hak dari Pak Jokowi,” kata Baidowi.

Pria yang akrab dipanggil dengan nama Awiek ini menilai bahwa masuknya Prabowo ke koalisi pemerintahan adalah sebuah fenomena unik karena jarang partai oposisi yang bergabung dalam koalisi pemerintah.

PPP Tidak Masalah Jika Prabowo Bergabung Ke Koalisi Pemerintah

“Ini sesuatu yang unik karena pihak pemenang pemilu bekerjasama dengan elemen utama dari oposisi yang awalnya berkompetisi dan sekarang masuk. Walaupun tidak semua akan tetapi Gerindra berstatus sebagai motor utama dari oposisi,” jelasnya.

Dirinya menjelaskan bahwa dengan bergabungnya Gerindra akan membuat kekuatan Jokowi di parlemen menjadi 75 persen.

“Ini sudah sangat dominan. Namun kita tetap akan bersikap kritis dengan program yang dimiliki oleh pemerintah yang dianggap tidak pro kepentingan rakyat,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengaku bahwa dirinya diminta oleh Presiden Jokowi untuk membantu memperkuat kabinet yang dimilikinya pada pemerintahan periode keduanya.

Prabowo mengatakan bahwa Jokowi meminta dirinya untuk menangani bidang pertahanan. “Saya diminta oleh Pak Jokowi untuk membantu di bidang pertahanan,” ungkap Prabowo.

Prabowo memastikan bahwa dirinya siap untuk membantu Jokowi. Langkah ini merupakan keputusan dari Partai Gerindra.