Berita, Daerah

BPCB Jawa Timur Sarankan Tiga Perahu Yang Ditemukan Di Bengawan Solo Segera Di Angkat

Pihak Badan Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur menyarankan kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lamongan untuk segera mengangkat tiga perahu yang diduga merupakan peninggalakn dari zaman kolonial Belanda.

Perahu tersebut ditemukan didasar Sungai Bengawan Solo yang melewati Kabupaten Lamongan.

Sebelumnya, warga di Desa Mertani, Kecamatan Karanggeneng, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur menemukan tiga perahu karam yang berada di dasar Sungai Bengawan Solo dengan sebagian besar bagian tubuh kapal tertutup oleh lumpur.

BPCB Jawa Timur Sarankan Tiga Perahu Yang Ditemukan Di Bengawan Solo Segera Di Angkat

“Kemarin kami menyarankan supaya dapat diangkat dari dasar sungai. Kalau bisa sebelum musim hujan tiba,” kata arkeolog dari BPCB Jawa Timur, Wicaksono Dwi Nugroho.

Wicaksono bersama dengan tim dari BPCB Jawa Timur didampingi oleh perwakilan dari Dinasi Budaya Pariwisata Lamongan telah melakukan peninjauan lokasi dari penemuan tiga perahu tersebut.

BPCB sudah memastikan bahwa semua perahu tersebut merupakan cagar budaya sehingga harus dilestarikan.

“Kalau tahun depan itu belum tentu Sungai Bengawan Solo itu dapat surut seperti saat ini,” katanya.

Dinas Budaya Pariwisata memperkirakan bahwa pengangkatan ketiga perahu dengan bahan baja ini akan membutuhkan alat berat seperti crane.

Selain itu, proses pengangkatan juga akan dilakukan dengan hati-hati karena sebagian badan perahu tertutupi oleh lumpur dan juga untuk meminimalisir kerusakan pada perahu ini.